Tonality keramik

Di lapangan, sering sekali kami mendapati rumah yang indah, “ternoda” hanya karena penutup lantainya belang


dan terdiri dari gradasi gelap terang. Ini karena pada saat pengerjaan, tonality sering luput dari perhatian.


Apakah tonality itu?

Tonality adalah perbedaan tone/tebal tipisnya warna keramik/granit. Perbedaan tonality didapat pada saat proses produksi dimana lama pembakaran, jenis material, dan shift kerja pada saat keramik/granit itu diproduksi akan sangat berpengaruh pada hasil outputnya. Maka itulah keramik/granit diberi kode tonality untuk “mengidentifikasi” proses produksinya.

Kode tonality ini dapat ditemukan pada sisi luar kardus kemasan, biasanya bersebelahan dengan nama produk keramik atau kode barang dan standar kualitasnya.


Mengapa tonality harus diperhatikan?

Pada saat pemasangan keramik, seringkali terjadi hal-hal di luar dugaan yang menyebabkan Anda harus membeli lagi produk yang sama.  Misalnya pecah keramik pada saat pengiriman atau pada saat memindahkan barang dan salah potong pada saat pemasangan. Umumnya konsumen lupa untuk memperhatikan kode tonality keramik/granit yang akan dibeli, akibatnya setelah dipasang warnanya terlihat belang karena produk yang dibeli tidak memiliki tonality yang sama dengan yang sebelumnya.


Motif apa saja yang harus diperhatikan tonality-nya?

Prinsip tonality tidak mengenal warna dan motif, karena keramik putih polos pun punya tonality yang bervariasi. Mungkin kalau Anda hanya membandingkan satu lembar keramik, perbedaannya tidak terlalu kasat mata. Tapi setelah terpasang, hasilnya akan terlihat jelas karena belang. Perhatian ekstra adalah untuk ruangan besar, karena belang keramik akan kelihatan jelas.


Solusinya?


1. Bila Anda harus memesan kembali keramik/granit yang sebelumnya sudah Anda beli, jangan lupa untuk membawa contoh keramiknya atau lebih baik lagi, bawalah kardusnya. Karena di kardus, terdapat kode tonality yang Anda perlukan untuk ditunjukkan ke pegawai toko.


2. Orang bilang harga tidak pernah bohong. Jangan mudah tergiur dengan besarnya potongan harga yang ditawarkan di toko-toko keramik, karena biasanya keramik/granit yang ditawarkan dengan harga miring adalah produk yang sudah tidak diproduksi lagi atau stok lama, jadi bila ada kekurangan akan sangat sulit sekali bagi Anda untuk mendapatkan produk yang sama dengan tonality yang sama. Jika ingin membeli keramik/granit diskon, sangat disarankan untuk membeli dengan jumlah lebih banyak, agar Anda memiliki spare/cadangan.


3. Walaupun sama ukuran dan warnanya tetapi jika Anda membeli keramik/granit dari produsen yang berbeda, hasilnya pun akan berbeda baik dari tonality warna, permukaan dan ukurannya. Khusus untuk ukuran, masing-masing pabrik mempunyai standar tersendiri, jadi usahakan untuk tidak sembarangan mengkombinasikan keramik dari pabrik yang berbeda-beda dalam satu ruangan.


Jika Anda masih punya pertanyaan seputar tonality, atau punya pengalaman menarik yang bisa dibagikan, silakan memberi komentar atau hubungi kami🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s