Karakteristik keramik dan granite

Apakah Anda termasuk yang bingung membedakan antara granit dan keramik? Granit disini maksudnya bukanlah batu alam melainkan “monoporosa” alias isitilah lain dari “single fired tile”.

Yang termasuk kedalam golongan granit adalah Essenza, Niro Granite, Granito, Garuda, Indo Gress dan yang termasuk kedalam golongan keramik adalah Herkules, Platinum, Mulia, KIA, Milan, White Horse, Roman, Super Milan, Habitat, Asia Tile, Signature. Pada artikel ini kami akan mencoba menjelaskan karakteristik masing-masing granit dan keramik.

Keramik dan granit/monoporosa selintas terlihat serupa tapi sebenarnya tak sama. Keduanya merupakan pelapis lantai dan dinding yang dibuat oleh manusia (artifisial), bukan hasil buatan alam. Terkadang pemilihan pelapis lantai/dinding didasarkan hanya dari merek atau motifnya saja dan bukan dari jenis atau karakteristiknya masing-masing. Memang motif atau desain antara keramik dan granit sangatlah mirip begitupun ukurannya. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan mereka berbeda.

Yang pertama, karakteristik dari proses pembuatannya.

Bagian depan keramik ukuran 40×40

Keramik merupakan “body” (badan keramik yang terbuat dari campuran tanah liat, batu, kapur, dll) yang diberi glaze” (pelapis body keramik yang menjadikan permukaannya tidak kasar). Motif keramik dicetak di atas glaze lalu nantinya keramik yang sudah dicetak akan melalui proses pembakaran agar “matang” dan siap dipakai.

Body atau badan keramik yang digunakan akan selalu sama berwarna merah atau putih (tergantung dari bahan dasarnya), akan tetapi desain/motifnya bisa berbeda-beda sesuai dengan pesanan atau kebutuhan. Keramik disebut pula sebagai “double fired tile” karena terjadi 2 kali pembakaran saat pembuatannya, yang pertama setelah body di-press dan masih “telanjang” dan yang kedua setelah body diberi glaze dan desain motif.

Untuk aksesorisnya (listello dan inserto) biasanya disebut “third firing tile” karena terjadi proses pembakaran lagi pada waktu  keramik itu dibuat. Ssebenarnya terkadang dapat terjadi lebih dari 3 kali pembakaran, karena pembuatannya yang rumit, penggunaan material yang lebih bervariasi dan prosesnya yang memakan lebih banyak waktu maka harga keramik aksesoris biasanya jauh lebih mahal.

Sedangkan granit merupakan body yang sudah diberi pewarna lalu di-press (dicetak), dan langsung dibakar makanya disebut single fired tile atau sekali bakar. Hal ini yang menyebabkan warna body belakang granit sama dengan bagian depannya (bagian motif/desain). Bila motifnya berwarna hitam dan berbintik putih maka body belakangnya pun demikian. Begitupun bila motifnya berwarna merah atau putih.

Granit ukuran 60×60 bagian depan
body belakang granit sama warna dan motifnya dengan bagian depan

Dalam pembuatannya, granit jarang menggunakan desain. Motifnya didapat dari campuran/kombinasi warna saja. Maka itulah kebanyakan dari motif granit biasanya polos atau hanya berupa bintik-bintik, tidak seperti keramik yang lebih bervariasi.

Yang kedua, karakteristik dari fisiknya.

 Bagian belakang keramik body merah
Bagian belakang keramik body putih
Seperti sudah disebutkan di atas, biasanya keramik ber-body merah atau putih. Body merah ini berarti tingkat penyerapan airnya lebih besar atau pori-pori pada body tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan keramik body putih. (Karena hal inilah maka pada saat aplikasi, keramik body merah harus direndam terlebih dahulu sebelum dipakai, sedangkan keramik body putih tidak perlu lagi).
Bagian samping body keramik yang masih ada sisa glaze
window frame pada keramik

Pada bagian sisi keramik biasanya terdapat sisa-sisa glaze, dan untuk keramik yang tidak dipotong/uncut biasanya terdapat “window frame” (garis berwarna putih yang tidak tertutup desain sepanjang sisi keramik). Permukaan keramik juga biasanya sedikit bergelombang atau istilah yang biasa kami gunakan adalah “wavy”. Hal ini karena pada saat produksi, proses pemberian glaze yang berupa cairan terkadang tidak menyebar secara merata.

sisi keramik uncut yang agak cembung

Ada keramik yang melalui proses “cutting” (pemotongan) dan “uncut” (tidak dipotong). Keramik cutting biasanya lebih siku dan ukuran satu sama lainnya lebih presisi karena dipotong lagi dengan mesin. Cirinya adalah bagian sisi permukaannya berbentuk siku atau rata. Sementara keramik uncut pada bagian sisi permukaannya terlihat cembung atau melengkung.

Untuk granit, pada bagian sampingnya Anda bisa melihat bahwa desainnya serupa dengan bagian depannya.

sisi samping granit motif dan warnanya sama dengan bagian depannya
pantulan pada permukaan granit yang rata seperti kaca

Permukaan granit biasanya lebih rata dan tidak bergelombang karena dipoles dengan mesin. Kebanyakan granit adalah cutting tile atau sisi-sisinya dipotong agar siku dan presisi ukurannya. Hal inilah yang menyebabkan penampilan granit bisa lebih bagus, dan pada aplikasinya juga bisa rapat satu dan lainnya sehingga nat-nya bisa lebih tipis/kecil.

Yang ketiga, karakteristik dari kekuatannya.

Bila dibandingkan kekuatan terhadap benturan dan gesek antara keramik dan granit maka granit-lah pemenangnya. Sifat granit lebih keras dan hasil press-nya mengalahkan keramik yang bobotnya lebih ringan dan hanya memiliki glaze tipis sehingga setelah sekian lama, motif keramik bisa habis terkikis.

 Tetapi keramik lebih tahan terhadap noda dibandingkan dengan granit. Beberapa jenis granit yang permukannya licin/mengkilap justru membuatnya semakin tidak tahan noda, karena pori-pori permukaannya menjadi terbuka karena proses pemolesan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa body depan dan belakang granit sama desainnya, tetapi bagian depan permukannya yang licin dan mengkilap diperoleh dari hasil polesan mesin.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal mengenai karakteristik granit dan keramik, semoga Anda bisa lebih mudah memilih jenis pelapis lantai/dinding mana yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Sekarang Anda pun tahu alasannya mengapa harga mereka berbeda. Selamat memilih.

About these ads

136 thoughts on “Karakteristik keramik dan granite

  1. Dody "doydan" Yordan says:

    info nya berguna sekali buat saya.
    saya baru buka toko jualan keramik. Saya dapat informasi berharga disini.
    Tapi, di atas koq disebut garuda itu masuk granito ya.. saya lihat fisiknya garuda itu keramik lho.. apakah itu tidak salah ketik?

    • Jumpin Jack says:

      Garuda memiliki 2 buah produk/merek, yang satu disebut Garuda ceramics dan yang satunya lagi adalah Garuda. Nah, yang merek Garuda itulah yang masuk ke dalam kategori granit. Anda bisa mengecek/mengklarifikasi langsung dengan sales Garuda,saya juga ada katalog dari mereka .

      Selamat atas dibukanya toko Keramik Anda, semoga sukses selalu…btw buka tokonya di daerah mana yah? Siapa tahu kita bisa menjalin kerjasama…salam .

      • Dody "doydan" Yordan says:

        O gitu ya, jadi ada 2 garuda. Nice info, terima kasih.
        Toko saya di pancur batu, pinggir medan.
        Selain menjual keramik, juga menjual kran, kunci, dan seputar aksesoris kamar mandi.
        Kalau mau kasi penawaran kerjasama, saya oke-oke saja mas. Dengan senang hati saya pelajari. Email saja kalau memang ada penawaran. ke doy_02@yahoo.com.
        Saya juga sedang cari-cari supplier juga dari jakarta, mencari yang paling kompetitif.

  2. sherly says:

    kalo granit sudah kena noda tinta,gimana ya cara menghilangkan nota itu,apa memang ga bisa hilang nodanya?makasih infox

    • Jumpin Jack says:

      Halo Bu Sherly,
      Maaf kami agak lama membalas komentarnya. Terus terang kalau untuk noda pada granit, kami belum pernah mengalami langsung. Namun setahu saya, pada umumnya granit tidak tahan noda, maka jika terkena noda akan sulit untuk dibersihkan terutama kalau nodanya sudah dibiarkan agak lama. Namun bisa dicoba untuk menggunakan pemutih dengan cara sbb (dikutip dari http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Tips/Aplikasi/Produk-finishing/Pemutih-Pakaian-Menghilangkan-Segala-Noda) :
      1. Segera tuangkan air bersih ke atasnya untuk menghilangkan noda tinta di permukaan.
      2. Angkat noda dengan lap atau tisu sehingga ketebalannya menipis.
      3. Tuangkan cairan pemutih untuk menghilangkan sisa tinta yang meresap ke bawah permukaan. Diamkan selama 2-3 menit.
      4. Gosok dengan sikat halus. Keringkan dengan lap atau tisu bersih yang kering.
      5. Bilas dengan air yang dicampur dengan sedikit deterjen. Keramik homogeneous pun bersih lagi.

      Bisa juga dengan menggunakan cairan cuka yang sudah dilarutkan dengan air dan digosokkan ke bagian yang terkena noda. Selamat mencoba :)

  3. arifin says:

    Keramik yang baik itu sedikit agak cembung atau yang flat? Mengapa? Btw ​​​•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ atas perhatiannya..

    • Jumpin Jack says:

      Halo Pak Arifin,
      Bila dilihat dari sisi konsumen atau tukang yang akan memasangkan, lebih baik bila permukaan keramiknya flat. Supaya lebih mudah dalam proses pemasangan dan permukaannya tidak terlihat timbul-tenggelam, terutama untuk keramik dengan ukuran persegi panjang dengan teknik pasang bata.

      Keuntungan lain keramik yang flat adalah tidak adanya perbedaan ketinggian antar keramik ketika sudah dipasang. Perbedaan ketinggian karena permukaan keramik yang cembung bisa menyebabkan sepatu/kaki akan tersangkut atau tersandung pada saat melangkah di bagian/area tersebut.

  4. rahmadi says:

    kata orang,bila terlalu sering kaki kontak langsung dgn lantai keramik/granit tanpa alas kaki bisa menyebabkan rematic.trim’k

    • Jumpin Jack says:

      Memang sih, keramik dan granit bersifat dingin alias menghantarkan rasa dingin. Beda dengan parquet yang bersifat lebih hangat. Tetapi bila menyebabkan rematik, kami masih belum tahu pasti karena belum pernah membaca hasil penelitian mengenai hal itu. Nice info anyway, thanks for stopping by and leave a comment.

  5. Sony says:

    Di pasaran sering kita lihat Granit/keramik dengan body 2 lapis, lapisan satunya dengan warna lebih gelap dan pada umumnya di toko keramik, mereka mengatakan inilah yang namanya granit. Pertanyaannya, apakah ini yang disebut granit ? atau yang disebut granit adalah warna depan dan belakang sama. please feed back

    • Jumpin Jack says:

      Granit sendiri memiliki 2 macam teknik pembuatan dalam pengkategoriannya.

      Yang pertama, adalah jenis solubelsalt (mungkin ejaannya salah, pengucapannya “solbesal”)
      Dalam teknik ini, singkatnya body dicetak kemudian dibakar dan dipoles. Ini merupakan tipe granit standar.

      Yang kedua disebut teknik double charge/double loading.
      Jadi body granitnya terdiri dari 2 lapisan yaitu body dasar dan lapisan kristal untuk bagian atasnya.
      Di press dan dibakar lalu dipoles. Tipe ini merupakan granit yang lebih bagus tingkatannya dari tipe standar.
      Karena hasilnya lebih mengkilap dan lebih tahan gores.

      Jadi yang dikatakan oleh penjual dan Anda temukan dipasaran adalah granit tipe kedua.

      Tetapi teknik pembuatan granit dan keramik berbeda dan bahan yang digunakannya pun berbeda.

      Bila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silakan.

      (Sumber informasi dari granit Garuda)

      • totok sugiarto says:

        Bro Jumpin Jack, apakah saya bisa dapat kontak granit Garuda? karena saat ini kontraktor kami menawarkan memakai Granit merk Garuda ukuran 60×60 cm.

      • Jumpin Jack says:

        Bapak bisa menghubungi ke no. ini 021 66602657 – 021 66602860 – 021 66602933 atau bisa juga menghubungi saudara Mulyanto di 021-32499787, 081808941997 (sudah pindah dari Garuda tetapi dulu dia sales Garuda)

  6. daris says:

    info yang bagus,
    di pasaran kita sering denger istilah keramik kw 1, kw 2, kw 3. tetapi kita tidak bisa mengenali dari dus atau fisik keramik itu kw berapa, barangkali setiap toko akan bilang itu kw1, diatas sudah disebut kw 2 itu kw p, nah yang kw1 dst kodenya apa pak?

    • Jumpin Jack says:

      Biasanya untuk keramik dan granit disamping dus-nya ada keterangan nama motif, kode produksi dan kualitasnya (seperti yang ada pada gambar di blog).

      Nah, coba cek dibagian (atau kolom) grade/quality. Disitu biasanya ada tulisan 1, 2 atau P; bisa juga A atau B tergantung dari pabrik yang memproduksinya. Untuk kode KW1 tulisannya 1, kalo KW2 tulisannya 2 atau P. Nah kalo KW3 biasanya dus-nya tanpa merek/logo.

      Semoga informasi dari kami membantu. Terima kasih.

  7. Dewi says:

    Saya mw bangun rumah, dan kontraktornya menawarkan sy untuk memakai lantai dengan granit china standar 60 x 60 atau keramik Roman 50 x 50. Mana yang lebih bagus dan harus sy pilih, dengan pertimbangan pilihan yang manapun, harga bangunannya tetap. tks

    • Jumpin Jack says:

      Halo Ibu Dewi, terima kasih sudah mampir di blog kami. Sebelum menentukan pilihan, ada beberapa informasi sebagai bahan pertimbangan.

      1. Antara Granit China dan Roman sama-sama ukurannya besar. (berarti asumsi kami ruangan-ruangan di rumah Ibu cukup luas ukurannya)
      Kekuatan granit dan keramik Roman, sama-sama kuat dan tahan benturan.

      2. Keramik Roman lebih tahan noda bila dibandingkan dengan granit China. Karena keramik dilapisi glaze sehingga lebih tahan noda, beda dengan granit yang dipoles mesin hingga mengkilap. Memang granit sekarang dilapisi lapisan pelindung dan dengan pori-pori yang lebih kecil (berkat nano teknologi) daripada granit jaman dahulu. Tetapi tetap mereka hanya tahan noda, tidak anti noda.

      3. Bentuk granit China yang sudah di cutting/dipotong bagian pinggirnya, membuat dia terlihat lebih indah karena jarak nat yang lebih kecil sehingga ruangan terlihat lebih luas. Keramik Roman 50×50 bentuknya uncut/tidak dipotong sehingga ada window frame yang mengakibatkan nat antar keramiknya terlihat lebih besar.

      4. Granit China banyak mereknya bila memakai yang langsung di impor dari China. Terkadang para importir memesan jenis/motif itu 1 kali saja, sehingga bila ada kekurangan atau suatu waktu Ibu melakukan renovasi kecil menambah ruangan maka akan sulit mencarinya kembali. Perhatikan juga kualitas atau KW-nya, bila KW 2 bisa saja granit tersebut agak melengkung, seperti yang pernah kami alami dilapangan. Bila Ibu memilih tetap menggunakan granit China jangan lupa meminta spare/tambahan granit sebagai stok Ibu, sebagai persiapan bila ada granit yang pecah setelah rumah Ibu di tinggali atau waktu pindahan terbentur furnitur.

      Dengan informasi tambahan di atas semoga Ibu bisa menentukan sendiri mana yang terbaik untuk rumah Ibu. Salam sukses selalu.

    • agus wiworo says:

      Maaf kalo boleh menambahkan sekarang roman mengeluarkan type baru yaitu Roman Granit dimana type tersebut dibagi menjadi 3 bagian :
      1. Lapato
      2. Coloring Body
      3. Full Polish
      4. Digital Print
      Yang semuanya sudah cutting (dimana nat akan bisa kecil sekali)

      Untuk Coloring body ini hampir sama dengan granit (body dan permukaan warna sama) tapi tetap memakai glazur sehingga tahan noda.

      Untuk Full Polish ini adalah produk dengan proses akhir dipoles sehingga akan mengkilap seperti kaca.

      Semoga penverahan ini membantu ..

      • Jumpin Jack says:

        Terima kasih pak Agus atas masukan, sangat membantu dalam memperkaya wawasan mengenai keramik dan granit tile di blog kami. Salam

  8. Tami says:

    Mohon infonya, granit merk apa yang lebih bagus yang harus saya pilih?karena setelah dapat info, jadi bingung sendiri, karena awam dengan istilahnya….trimakasih…..

    • Jumpin Jack says:

      Untuk granit yang bagus menurut kami adalah Essenza, Granito, Niro, BODE, Monalisa, Roman granit (produk baru), Garuda, Sandimas. Silakan disesuaikan dengan pilihan motif yang mereka tawarkan/disukai dan harga/budget juga.

      Perlu diingat, apabila sedang survey harga disupermaket bahan bangunan atau toko harga yang tertera terkadang dalam satuan m2 atau dus. Satu dus masing-masing pabrik terkadang berbeda meter perseginya. Contoh: Niro granit 60×60 1 dus isi 3 keping jdi total meter perseginya 1,08m untuk Garuda dengan ukuran 60×60 1 dus isinya 4 keping menjadi 1,48m2. Jadi bila yang tertera di promo harga per meter maka harus dikali dengan jumlah meter dalam 1 dusnya. Semoga info dari kami bisa membantu, bila masih ada yang kurang jelas silakan menghubungi kami kembali. Terima kasih

  9. Sany says:

    Minta info, bagaimana dengan granit merkuri indogress?
    Apakah secara harga lebih murah Dr merk granit yg disebut diatas? Dan apakah secara bahan dia bagus?

    • Jumpin Jack says:

      Indogress juga bagus, maaf saya lupa memasukan dalam daftar sebelumnya. Untuk harga dia hampir sama dengan Garuda atau Sandimas.
      Secara kualitas, kebanyakan granit sekarang sudah memakai “nano technology”(termasuk indogress) alias pori-pori yang lebih kecil sehingga lebih tahan noda.

  10. Echie says:

    Kemarin saya menghadiri Pameran Keramik di JCC dan berdiskusi dengan sales Roman dan Indogress. Tentu saja setiap sales menyatakan bahwa produknya lebih unggul daripada produk yang lain. Saya ingin mendapatkan opini dari Anda sebagai pihak yang independen: seandainya Anda akan memasang lantai granite di rumah idaman Anda, apakah Anda akan memilih granite produk Roman atau Indogress? Mengapa?

    • Jumpin Jack says:

      Halo Pak, hari Sabtu kemarin juga kami datang ke sana.. hehe. Untuk menjawab pertanyaan Bapak, kira-kira begini; sebagai produsen Granite tile, Indogress boleh dikatakan lebih senior dibandingkan dengan Roman. Indogress sudah memproduksi granite tile sejak 2006 sampai sekarang, sedangkan Roman baru mulai launching granite tile tahun 2011 kemarin. Walaupun Roman boleh dikatakan sudah pionir di bidang keramik, namun menurut kami produk Granite tile mereka masih agak baru.

      Kami sebagai pengguna sangat suka dengan perkembangan ini, karena Roman terkenal cukup berani dalam berinovasi dan mengeksplorasi motif sehingga mereka bisa menawarkan alternatif baru. Mereka pun didukung dengan mesin/teknologi serta SDM yang mumpuni sehingga sangat mungkin akan memberikan gebrakan baru di bidang granit tile.

      Kesimpulannya menurut kami, hampir semua granite tile mutunya kurang lebih mirip. Karena pihak produsen pasti akan selalu meng-update teknologi terbaru untuk produk mereka supaya mereka bisa selalu bersaing di pasaran. Tinggal Bapak memilih motif, ukuran dan harga yang sesuai dengan budget, selera atau kebutuhan Bapak. Semoga opini kami bisa menjawab pertanyaan Bapak :)

  11. Robert says:

    Sy mau Tanya skr Ada produce granite merk summit ato gelaisi,apa produce tersebut betul2 bagus?

    • Jumpin Jack says:

      Sebenarnya kami sendiri belum sempat mencoba merk Summit dan Gelaisi tetapi kami pernah melihat produk mereka 3-4 tahun yang lalu ketika pameran di JCC Jakarta. Menurut kami desain/motif yang ditawarkan cukup bagus serta menambah keragaman pilihan untuk para praktisi seperti kami.

      Dari segi kualitas, produk mereka sudah banyak dipakai di berbagai tempat umum jadi kami rasa kualitas mereka sudah terbukti setara dengan merk granit tile lainnya.

  12. Melina says:

    Kalau Niro Granite dengan keramik Roman lebih tahan gores dan tahan noda yang mana ya? Dari segi pemasangannya apa bedanya? Thanks.

    • Jumpin Jack says:

      Keramik lebih tahan noda bila dibandingkan dengan granit tile, tetapi untuk ketahanan gores granit lebih unggul dibandingkan keramik. Untuk pemasangan tidak ada bedanya, terlebih bila ukurannya sama besar seperti 60x60cm. Tetapi granit tile lebih susah dipotong karena lebih keras sifatnya bila dibandingkan dengan keramik. Semoga infonya membantu…bila masih kurang jelas, bisa menghubungi e-mail kami.

  13. yaya says:

    Hallo saya mau tanya…. Saya sedang bangun rumah…diberi pilihan oleh kontraktor untuk kantai menggunakan garuda tile atau roman, nah saya bingung jg…itu garuda tile granit atau ceramic ? Dan saran jumpun jack sendiri gimana? Lebih bagus dan cocok mana dr segi harga dan kualitas? Tks

    • Jumpin Jack says:

      Hallo, Roman-nya yang cutting atau bukan cutting? Setahu kami kalau diberikan pilihan seperti itu, yang dipakai adalah Garuda Granite tile.

      Nah, kalau membandingkan antara Roman yang cutting dan Garuda granite, kami lebih prefer Roman karena motifnya lebih beragam. Dari segi harga juga kurang lebih sama, mungkin malah lebih murah Garuda dibandingkan Roman.

      Untuk segi kualitas, seperti yang sebelumnya pernah kami sebutkan bahwa granit tile lebih tahan gores dan bentur. Tetapi keramik lebih tahan noda dibandingkan granit tile.

      Mengenai masukan dari kami, apakah rumah tersebut akan banyak penghuninya dan kegiatan didalamnya atau tidak? Akan banyak yang datang berkunjung atau tidak? Bila iya, maka kami lebih menyarankan memakai granit tile karena lebih tahan gores.

  14. abdi says:

    Hallo, saat ini saya sedang membangun rumah di jakarta sedangkan saya bekerja di daerah terpencil di sumatera. Saya butuh daftar harga roman keramik dan tile granito. Di situs manakah saya bisa mendapatkannya?
    Lebih baik mana kualitas tile granito vs indogress? Bagaimana dengan harganya?

    terimakasih

  15. ratri says:

    Hai..boleh tanya, bagaimana sih kriteria noda yang pasti meninggalkan bekas di lantai granit? apakah seperti tanah di sepatu atau hanya noda makanan atau bahkan noda pensil warna/spidol anak2?

    • Jumpin Jack says:

      Biasanya noda yang berbekas adalah dari tumpahan makanan dan coretan spidol. Setahu kami tanah liat/tanah merah masih bisa dibersihkan dengan bantuan sabun atau porstex. Tumpahan makanan seperti kopi, wine/anggur, teh dan lainnya bisa meninggalkan noda bila tidak segera dibersihkan. Walaupun teknologi granit sekarang sudah cukup baik dalam melindungi permukaannya dari noda namun tetap saja granit hanya “tahan noda” bukan “anti noda”.

  16. Felix says:

    Hallo Mas Jack, kalau mengenai ketahanan lapisan atas yang mengkilap lebih tahan mana antara keramik dengan granit tile ? jika sehari-hari di rumah ditingali 5 orang berapa lama lapisan atas mulai pudar baik untuk keramik ataupun granit tile ? Thks mas.

    • Jumpin Jack says:

      Setahu kami permukaan granite tile lebih kuat bila dibandingkan dengan keramik. Makanya granite tile lebih banyak digunakan pada area public seperti di Mall, Rumah Sakit, lobby Hotel dll.

      Bila pemakaian granit tile di area rumah, kami berasumsi bahwa granit tile tersebut bisa bertahan antara 3-5 tahun. Tetapi itu hanya perkiraan saja, karena semuanya kembali pada kondisi di rumah tersebut. Apakah banyak orang lalu lalang dengan sepatu atau sepatu hak tinggi dan serta sering memindahkan barang-barang berat (sering memindahkan furnitur di rumah).

  17. acel says:

    yth
    mohon infonya dan rekomendasinya.
    platinum bonza cutting (89000)
    dengan
    roman continental cutting(123700),
    lebih rekomendasi mana.
    dikarenakan perbedaan harga cukup jauh,
    apakah platinum direkomendasi?
    apakah kualitasnya dan kekuatannya seperti roman?
    atau lebih baik memilih roman
    fyi: untuk roman continental baru saja naik grade (harga), tapi kualitas tetap.
    diperuntukkan untuk tempat tinggal dengan 6 orang,
    2 dewasa, 2 remaja, 2 anak2
    terimakasih

    • Jumpin Jack says:

      Kami sendiri belum pernah melihat motif dan ukuran platinum Bonza tetapi kami berasumsi bahwa keduanya berukuran 50×50 atau 49×49 karena di cutting.

      Menurut kami Platinum merupakan merk Keramik yang cukup terkenal juga, serta desain dan body keramiknya sudah cukup bagus kualitasnya. Akan tetapi Roman memiliki kualitas yang lebih baik dalam hal Quality Control dan body keramik yang lebih tebal dan kuat. Jadi kami sarankan menggunakan Roman, akan tetapi bila pertimbangan utama adalah harga maka Platinum sudah cukup bagus mutunya.

      Semoga masukan dari kami bisa membantu…terima kasih

      • Herly Abdullah says:

        Maaf pak, sekedar info dan kurang setuju kalo Platinum dibilang cukup bagus kualitasnya.

        Saya baru membeli Platinum Golia Grey ukuran 50 x 50, grade A.
        Permukaan banyak bintik kecil, malah permukaan yang 40 x 40 lebih baik dari 50 x 50 ini.
        Permukaannya sepertinya ada bolong begitu dan bila diraba terasa kasar.
        Begitu pada saat pemasangan, ukurannya tidak presisinya (masih presisi yang 40 x 40).
        Ini akibat beli hanya melihat katalog…… Asem ..

        Apalagi barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan / ditukar ….

        Harga pricelist Platinum 88.500, sedangkan Roman pricelist-nya 124.500.
        Setelah diskon keramik Platinum tersebut saya dapat di harga 81.500, sedangkan kalo ambil Roman bisa dapat di harga 102.000.

        Soal kualitas saya dengan dibawah Roman setingkat, tapi setelah saya amati .. kualitas Platinum jauh sekali di bawah Roman.

        Maaf pak, saya blak-blakan saja karena kecewa berat dengan produk Platinum ini.
        So … bagi yang mau beli … teliti dulu …

      • Jumpin Jack says:

        Terima kasih sekali untuk review-nya Pak Herly, semoga bisa berguna untuk pembaca lainnya. Mengenai kualitas, tentu kembali lagi kepada konsumen. Ada juga konsumen yang sudah cukup puas dengan Platinum karena kalau memakai Roman, mungkin agak berat di kantong.

        Memang pada akhirnya ada harga, ada barang, dan (biasanya) uang tidak pernah bohong :)

  18. harry says:

    Mas Jack, ada produsen yg mengklaim teknologi digital printing pada granite tile bisa menghasilkan granite tanpa pori, jadi tak perlu nano polish lagi seperti sekarang. Apa benar begitu? Perbedaannya granite dengan digital print permukaan dan belakang bodinya berbeda, tidak sewarna seperti granite sekarang.
    Apakah nano polish dan anti noda yg diklaim semua granite sekarang bisa bertahan selamanya? Pembersih lantai apa saja yg tak boleh dipakai untuk lantai granite?
    Terima kasih.

  19. IG says:

    Mohon Izin & Sedikit tambahan informasi
    1. Dari segi Water absorption (WA) Granit/Homogenous Tiles berada di Group B1a yang memiliki daya serap air di kisaran E < 0,5 % sedangkan Keramik memiliki WA 3 % – 10 % berada di Grup BII tergantung jenis keramik nya dsb (CMIIW).
    2. Technology nano bukanlah dikarenakan pori-pori yang kecil tetapi nano merupakan chemical yang berfungsi untuk menutupi pori-pori tersebut. Ada 2 jenis technology nano tsb yaitu pertama adalah system nano wax dimana nano tersebut hanya melapisi bagian atas permukaan tilenya saja, yang kedua adalah nano pressed/polish dimana cairan nano akan ditekan dan menutupi pori-pori tsb sehingga membentuk body baru dalam pori-pori tsb hal ini dengan proses polish.
    3. Karena sifat granit yang menggunakan nano technology type ke-2 tsb maka granite tsb akan lebih tahan noda dan masih bisa dikatakan semi anti noda selama handling terhadap tiles tsb adalah benar sesuai petunjuknya, selain itu sifatnya yang low preventive maintenance hanya cukup dibersihkan dengan sapu atau air bersih saja tanpa perlu menggunakan chemical.
    4. Pemasangan granit lebih mudah dan lebih presisi dikarenakan memiliki planarity (cembung/cekung) yang lebih baik dibandingkan ceramics tile yang mengaplikasikan glaze pada bodynya sehingga granit lebih terlihat Flat.
    5. Informasinya Saat ini yang menjadi Pioneer/Leader di Project project Gedung, Mall dll di Indonesia dan menjadi Leader di Asia Tenggara dari segi kapasitas produksinya adalah merk INDOGRESS & Decogress dari PT. Asri Pancawarna dengan telah berhasil meraih penghargaan Indonesia Property & Bank Award kali ini dengan predikat Best Quality Product Of Consumer And Developer Choices pada katagori Bahan Bangunan di acara Anugerah Indonesia Property & Bank Award Ke-7 yang diselenggarakan hari Kamis 5 Juli 2012.
    Selain itu telah memiliki sertifikasi ISO 13006 dari SIRIM Malaysia.
    Terimakasih atas kesempatan penjelasannya, saya hanya pemakai (pengalaman) dan pengamat saja.

    • sugyanto says:

      maaf pak IG: bukannya granit tile yang mnggunakan nano wax tidqk terlalu tahan lama ya,,,karena nano wax hanya melapisi bagian atas dari granit ssaja,,sedangkan nano polish bisa menutupi pori pori dri granit, memang granite yang menggunakan nano wax,,,lebih tahan noda dibandingkan dengan granit yang mnggunakan nanopolish,,karena nano wax lbih licin sehingga noda yang nempel lbih muda di hilangkan,,tapi nano wax hanya melapisi bagian atasnya saja,,,dan sy rasa kalau sering di bersihkan atau di pel nano wax akan cpat hilang,,,mngkin tidak akan lebih dari satu tahun,,,,
      mohon info lbih lanjut
      thanks,,

      • Jumpin Jack says:

        Sejauh pengetahuan kami, granit tile bisa mengkilap karena digosok/polished. Dan pada prosesnya justru menimbulkan pori-pori sehingga granit tile yang mengkilap lebih gampang ternoda bila dibandingkan dengan granit tile yang tidak mengkilap. Untuk mengatasi hal ini, pihak pabrik memberikan lapisan coating untuk menahan noda, debu dan air. Jadi walaupun disebut nano polished, itu tetap menggunakan bahan kimia juga pada prosesnya.

        Mungkin maksudnya nano wax adalah granit yang hanya diberi wax biasa seperti untuk mobil. Kalau nano tech atau nano polished sejauh ini sudah dites di proyek tahan lama dan tidak cepat kusam atau pudar. Hanya saja bila ditaruh atau dipergunakan untuk tempat org yg banyak lalu lalang lebih baik menggunakan granit tile yang matt/tidak mengkilap. Agar lebih tahan lama dan tidak cepat kusam tergesek-gesek sepatu dll.

        Untuk membedakan mana nano wax (palsu) dan nano tech bisa dengan cara menulis diatas granit dengan permanent marker, bila gampang dibersihkan dengan lap dan air saja maka itu yang asli, kalau susah berarti itu yang wax biasa. Semoga penjelasan dari kami bisa menjawab pertanyaaan Bapak. Terima kasih. CMIIW.

    • Jumpin Jack says:

      Halo Pak Harahap, setahu kami untuk keramik, Garuda masih termasuk follower karena munculnya belakangan dan variasinya masih terbatas. Terima kasih untuk pertanyaannya :)

      • Harahap says:

        Selamat pagi pak, saya dengar dari tukang saya bahwa granit Garuda agak melengkung ke atas (cembung), sehingga secara estetika kurang baik. Dan juga bila dipasang dekat pintu akan bergesekan.

        Apakah benar demikian pak. Dan metoda apa yang bisa digunakan untuk mengecek kecembungan granit tersebut sebelum dipasang.

        Terimakasih

      • Jumpin Jack says:

        Semua granit pasti ada yang cembung, cuma bedanya pada quality control masing-masing perusahaan. Bila perusahaan yang bagus maka jumlah granit yang cembung dalam 1 dus atau dalam sekali pemesanan tidaklah banyak.

        Cara mengeceknya mudah saja, letakan granit pada permukaan yang datar dengan posisi terbalik (alias bagian permukaan granit tersebut mengahadap ke bawah/ dibagaian bawah). Lalu coba putar granit tersebut, bila cembung ditengah granit tersebut parah maka granit tersebut akan dengan mudah berputar seperti gasing. Bila tidak cembuang atau hanya sedikit saja cembungnya maka granit tersebut tidak akan bisa berputar atau hanya berputar sedikit saja.

        Semoga jawaban dari kami berguna untuk Bapak. Terima kasih

  20. sugara says:

    Hallo mas jack… salam kenal… saya mau tanya apakah granite garuda itu bagus? Dalam artian tahan noda ama coretan spidol gak? Dibandingkan dgn granite verona bagus mana? Thanks

  21. Hallo Pak Jack, Saya senang dengan blog ini yang mengulas begitu detail tentang keramik dan granit. Membaca mengenai keramik dan granit, saya jadi ingin bertanya segudang pertanyaan hehe, mengenai keramik yang terkadang bisa sampai 3 kali proses pembakaran dan rumit sedangkan granit hanya melalui 1 proses pembakaran, kenapa harga di pasaran granit lebih mahal? apakah bahan bakunya? dan apa yg membedakan marmer dengan granit? terima kasih :)

    • Jumpin Jack says:

      Halo pak Tony, maaf kami lama merespon pertanyaan Bapak.

      Kenapa granit lebih mahal dari keramik? Memang pertama karena bahan bakunya yang berbeda, yang kedua adalah karena teknik pembuatannya yang berbeda.

      Penjelasan singkatnya: Dalam pembuatan keramik hanya memerlukan sedikit glaze untuk bagian permukaannya saja, lalu sedikit warna sebagai pola keramik tersebut. Bodi keramik itu sendiri kebanyakan menggunakan tanah lempung atau merah sehingga tingkat kekuatannya kurang kuat bila dibandingkan dengan granit tile.

      Dalam pembuatan granit tile, warna dicampurkan ke dalam adonan bodi baru kemudian dicetak makanya warna permukaan dan bodi granit tile sama (tentunya jumlah warna yang dibutuhkan lebih banyak). Kemudian permukaanya di poles mesin sampai mengkilap, proses ini yang memakan waktu dan biaya belum lagi diberi lapisan anti noda.

      Untuk pertanyaan, perbedaan marmer dan granit (batu alam) adalah tingkat kekerasannya. Granit bersifat lebih keras dibandingkan dengan marmer, walaupun keduanya sama-sama buatan alam. Akan tetapi ada info yang mengatakan bahwa granit mengandung racun atau bersifat racun sehingga penggunaanya mulai dikurangi untuk area meja dapur. CMIIW..

      Semoga penjelasan kami cukup membantu menambah pengetahuan Bapak. Jangan lupa mampir kembali ke blog kami. Terima kasih

  22. dr. lobianna nadeak says:

    Pak. mohon info produsen granite tile double loading anti noda, lokal maupun inport uk. 60 x 60, Apakah granite double loading yang di pasaran sudah merupakan anti noda? tksh

  23. Pak saya ditawari granit 60 x 60 merk venesa produksi malaysia. Katanya sudah anti noda dan harga per meternya 100.500,-. Mohon review dari Bapak tentang granit jenis ini. Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Dear pak Lintang, mohon maaf kami tidak bisa memberikan masukan untuk pertanyaan Bapak. Karena merk Malaysia yang kami tahu hanya White Horse dan Niro Granite. Merk Venesa ini baru kami dengar dan belum pernah kami pergunakan di lapangan. Tidak etis rasanya bila kami memberikan review tentang barang yang belum pernah kami gunakan. Maaf bila kami mengecewakan Bapak. Terima kasih.

  24. Frankie says:

    Siang Bang Jack dan rekan2 sekalian,
    Mohon pencerahan Granit tile Sincere kira2 bagus nggak ya?
    Secara kualitas gimana jika dibandingkan Garuda atau Indogress?

    Thnaks

    • Jumpin Jack says:

      Untuk granit tile Sincere sudah cukup bagus juga kok, saya pernah pakai di proyek saya. Tapi menurut saya pribadi Indogres dan Garuda masih diatas Sincere sedikit. Terima kasih.

  25. Dwi says:

    Pak, saya beli ubin merk White Horse Tipe HMP 60×60 itu termasuk granite atau keramik dan apa benar harganya Rp 189.000 per dus (isi 3 ubin). Terima kasih jawabannya pak.

    • Jumpin Jack says:

      Di dusnya tertulis apa Bu? Gress Porcelanato/Porcelain atau White Body. Apabila White Body artinya itu masih keramik. Dan Gress porcelanato artinya sudah granit tiles. Untuk masalah harga bisa saja harganya memang segitu, karena produk yang setara seperti Roman harganya pun kurang lebih sama. Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Bedanya keramik Roman dan Platinum adalah dari body keramiknya, jaman dulu keramik Roman bodynya lebih tebal dan keras bila dibandingkan dengan keramik Platinum. Untuk masalah warna dan QC-nya juga Roman lebih baik, dan Roman juga dulu memiliki White body yang tingkat penyerapan airnya lebih rendah serta lebih kuat materialnya. Akan tetapi sekarang semua pabrik keramik sudah lebih memperbaiki diri dan menuju ke arah digital print, sehingga warna dan kualitas sudah “hampir setara” hanya kembali lagi ke inovasi, desain dan QC dari masing-masing pabrik itu sendiri. Terima kasih

  26. henza ayu says:

    Mas jumpin jack, sy ingib bertanya di antara granit merk sincere, niro granite, serta summit, granit mana yg kualitas jangka panjangnya lebih baik? Krn sy liat perbandingan harga antara sincere dgn niro-summit lumayan jauh

    • Jumpin Jack says:

      Untuk kualitas jangkka panjang mungkin sama, tergantung dari cara kita merawatnya. Ada klien kami yang memakai granit merk Sincere, sesudah 2 tahun granitnya masih terlihat bagus juga kok. Untuk merk Summit kami belum pernah memakainya jadi kami kurang tahu mengenai kualitasnya dan untuk Niro pastinya lebih baik bila dibandingkan dengan Sincere, ada barang ada harga. Semoga membantu.

  27. hendri says:

    Mr jack…saya lagi bangun rumah tolong masukan untuk merk granit yg akan saya pakai essenza atau indogress

  28. Lala says:

    Apakah betul, kalau membedakan antara granit & keramik dengan cara diperciki air? apakah betul kalau granit diperciki air, air akan mengumpul,sedangkan keramik tidak demikian? terima kasih…

    • Jumpin Jack says:

      Granit itu memang memiliki lapisan atas seperti minyak yang bersifat melindungi granit dari noda. Akan tetapi ada beberapa merk keramik yang juga sudah melapisi keramik mereka dengan cairan tersebut.

      Jika ingin membedakan dari segi penampilan, maka body granit terlihat lebih kokoh, tebal dan berat. Biasanya body-nya atau bagian bawahnya berwarna sama dengan bagian depannya. Akan tetapi karena sekarang sudah era digital printing sehingga bagian depan dan belakangnya tidak lagi sama, maka body granit biasanya yg berwarna putih agak kusam. Body keramik walaupun tebal biasanya masih berwarna merah bata, hanya produsen tertentu saja yang memproduksi keramik dengan body yang berwarna putih.

      Kalo dari sifatnya, cara membedakannya bisa dengan cara menggesekan sudut granit yang satu ke permukaan granit yang lain. Karena tingkat kekerasan granit lebih tinggi bila dibandingkan dengan keramik maka permukaanya tidak akan rusak atau tergores dan bagian sudut yang di gesekan juga hanya akan pecah sedikit.

      Kalo ingin diperciki air, maka perciki air pada bagian belakangnya. Untuk granit biasanya tidak terlalu menyerap air, berbeda dengan body keramik berwarna merah yang masih berpori sehingga air mudah meresap.

      Mungkin penjelasan dari kami pun bisa salah, bila ada yang ingin mengoreksi dan berbagi pengetahuannya silakan komen di bawah. Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Sejauh pengetahuan kami granit tile tidak bisa dipoles ulang. Biasanya setelah sekian lama dan terlihat kusam maka akan diganti dengan yang baru.

  29. deta says:

    Pak Jack,mohon pencerahannya. Saya sedang bingung memilih granit, antara granito atau niro granite. Harga granito yg ditawarkan ke saya lbh tinggi 20-50 rb dr niro granite. Ada uang katanya ada barang ya pak? Jd apakah kualitas granito lbh bagus dr niro? Lalu utk rumah,apakah sebaiknya keramik(kurang kuat tp tahan noda) atau granit (lbh kuat tp lbh rentan noda) ? Trmksh.

    • Jumpin Jack says:

      Menurut kami kualitas keduanya hampir sama, tinggal memilih motif berdasarkan selera atau kebutuhan saja. Untuk granit tile Niro memang lebih banyak pilihan warna dan tekstur serta ukuran. Untuk Granito lebih unggul untuk bagian tile dekorasinya/ornamen, banyak pilihan dan bagus-bagus.

      Untuk dalam rumah, apabila Bapak/Ibu orangnya cukup apik atau resik silakan memakai granit. Tetapi apabila tidak, mungkin lebih baik memakai keramik saja. Karena untuk granit tile, bila terkena tumpahan kopi atau lainnya harus segera di bersihkan agar tidak berbekas.

  30. Amie says:

    Mr. Jack, saya ingin membangun rumah 2 lantai dengan luas tanah 80m2. Ukuran keramik berapakah yg cocok untuk lantai saya? Apakah benar ukuran keramik yg besar akan menambah kesan luas pada ruang yg kecil? Sebaiknya saya menggunakan keramik atau granit ya Mr?

    • Jumpin Jack says:

      Untuk ukuran keramik yang cocok tergantung dari ukuran ruangannya nanti. Karena sayang apabila Ibu menggunakan keramik ukuran besar dan harus terpotong bentuk/ukuran ruangan, jadi banyak sisa potongan yang tidak terpakai. Menurut saran kami ukuran 40×40 sudah cukup standar dan ekonomis.

      Memang benar ukuran keramik besar bisa memberikan kesan yang luas untuk ruang yang kecil, tetapi dengan bentuk keramik rectified/sudah di cutting. Sehingga ukuran natnya bisa lebih kecil, memakai granit tile pun juga bisa.

      Kembali lagi ke budget yang akan Ibu keluarkan, bila ingin menggunakan keramik yang rectified, harganya tidak jauh berbeda dengan granit tile. Cari saja motifnya yang agak polos dan berwarna cerah/muda agar ruangan terkesan lebih besar. Granit tile ukuran 40×40 juga sudah rectified/siku tepiannya, bisa jadi alternatif agar tidak terlalu banyak potongan sisa nantinya.

  31. putri says:

    pak saya mau tanya bagaimana dengan kualitas granit merk valentino ?apkah sdh cukup baik kualitas dan hrganya? terimakasih sebelumnya

    • Jumpin Jack says:

      Untuk merk Valentino gress kami belum pernah menggunakan produknya dan belum pernah melihat barangnya/fisiknya, jadi kami tidak bisa memberikan masukan.
      Untuk level yang sama bisa mencoba mengunakan merk Garuda, Vicenza, Sincere. Terima kasih.

  32. streson says:

    Pak Jack, bisa beri saya saran? saya sedang berencana membuat dapur dan kitchen set dengan memakai homogenous tile dimana lantai dapur dan table top (table beton) nya saya mau pasang dengan homo tile. bisa rekomendasi merk yang bagus dlm arti cukup keras dan tebal, anti gores, daya serap air sangat rendah dan juga anti noda mengingat ini untuk table top yang bisa bersinggungan dengan alas panci/alas kuali. motif saya tidak terlalu penting yang utama adalah daya tahan nya.. kemudahan perawatan dan keawetan saja pak. saya awam mengenai homo tile ini..kalo dilihat2 semua nya baik dan baguss… mohon saran dan masukannya pak. terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Untuk Granit Tile kami menyarankan Indo Gress untuk versi sedang dan Granito untuk versi mahalnya. Bila ingin kelihatan mewah, lebih baik memakai Granit Tile dengan permukaan mengkilap, agar tidak terlihat cepat kotor atau terkena banyak goresan ada baiknya menggunakan warna tua/gelap (seperti hitam).

      Bila ingin menggunakan permukaan yang matte atau tidak mengkilap bisa menggunakan merk Granito. Hanya saja ukurannya 40x40cm, kurang cocok untuk meja kitchen set yang kebanyakan 60cm jadi ada sambungannya/nat-nya (kecuali ukuran meja Ibu 80cm).

      Untuk bagian sudut atau tepi meja, bisa minta ke pabrik atau tempat beli Granit tile-nya untuk dipinggul (ada ongkosnya). Sehingga akan terlihat lebih bagus dan menyatu. Semoga saran dari kami bisa membantu, terima kasih.

  33. ratna says:

    Apakah Pak Jack pernah memakai Niro Granite di proyek Bapak? Bgmn hasilnya? Saya sedang mempertimbangkan Niro Granite untuk lantai rumah saya, karena sedang ada promo untuk warna tertentu, harganya 134rb saja per dus. Ada harga ada barang, kira2 knp ya pak harganya bisa relative murah begitu? Jangan2 banyak yang menggelembung dalam tiap dusnya. Mohon saran. Trus mengenai granit tile bila nantinya (+/- 5th lagi) kusam dan tidak bisa dipoles lagi (harus diganti), apa itu sudah pasti Pak? Trus kalo terkena sinar matahari apakah mempercepat kusam juga? Terimakasih

    • Jumpin Jack says:

      Niro Granite cukup bagus kualitasnya. Mengenai harga promo mungkin nanti produknya akan discontinued atau tidak diproduksi lagi, bisa juga mereka memang sedang mengadakan promo. Harga Niro granite terkesan lebih murah bila dibandingkan dengan merk lain karena dalam 1 dus uk.60×60 hanya berisi 3pcs alias luasnya hanya 1,08m2 (kalo tidak salah). Merk lain isinya 4pcs, luasnya 1,44m2.

      Kalo granite yang gembung/cembung merk lain pun terkadang ada dalam tiap dusnya, hanya saja seberapa parah cembungnya. Cara mengetahuinya, letakan bagian depan granite tile pada bidang datar lalu putar. Apabila dia bisa berputar, berarti cembungnya parah.

      Sejauh pengetahuan kami granite tile tidak bisa dipoles, bila sudah kusam dan banyak goresan harus diganti. Sinar matahari tidak terlalu berpengaruh terhadap kusamnya permukaan, yang membuat permukaan cepat kusam adalah gesekan sepatu/barang serta goresan yang semakin lama semakin banyak. Semoga Ibu puas dengan jawaban kami. Terima kasih.

  34. Marisa says:

    Pak jack,mohon sarannya.. Sy sdg membgn rumah dan berencana memakai granit untuk lantai rumahnya. Tapi saya bingung pakai merk indogress atau paladium. Kata si penjual kalau merk indogress sekarang dalam 1 dusnya suka terdapat warna yg belang (warnanya berbeda).
    Ada info mengenai harga nya ga ya pak untuk uk 80×80?
    Terimakasih

    • Jumpin Jack says:

      Untuk warna belang dalam granite tile sepertinya lebih sedikit kemungkinannya bila dibandingkan dengan keramik. Bila pembelian sama semua seri produksinya maka tidak akan ada belang. Untuk masalah harga kami tidak bisa menyarankan karena berbeda untuk asing-masing daerah. Terima kasih.

  35. Fadli says:

    Salam pak Jack! Halaman ini sangat baik sekali mengulas berbagai hal ttg kerAmik dan granit secara objektif( tidak membela pada merk tertentu). SaluT!!

    Kebetulan saya ingin merenov rumah tipe 80, 1 lantai.. Menurut bapak berapa ukuran Tile yg ‘baik’ untuk digunakan? 40×40, 50×50,60X60? Mengapa? Kemudian jika pilihannya apakah menggunakan garuda, platinum, atau roman? Ttg warna saya ingin pilih yg lembut dan terlihat bersih, pakai tipe apa ya sesuai merk yg tsb diatas? harapan saya sampai 5 tahun kedepan Belum ada budget untuk perbaikan lantai… Oia, info 1 lagi, aktifitas dirumah akan ada balita/ anak kecil yg tinggal dirumah ..

    Terimakasih bnyk atas infonya

    • Jumpin Jack says:

      Untuk ukuran yang baik, kembali lagi kepada besarnya ruangan di dalam rumah tersebut. Bila besar rata-rata ruang kurang lebih 3x3m maka bisa menggunakan ukuran 40×40 atau 50×50. Disarankan yang kelipatan keramiknya sesuai dengan ruangan agar tidak banyak keramik potongan atau buangan (contoh: ruangan 3m dibagi 50cm maka akan pas 6keping, kalaupun harus ada potongan diusahakan agar tidak ada potongan yang terlalu kecil)

      Bila ingin menggunakan warna lembut, bisa menggunakan Platinum (lebih banyak pilihan warna lembut) atau juga bisa menggunakan Roman bila ingin pilihan motif yang lebih beragam.

      Bila pemasangan dan perawatannya bagus, tidak masalah walaupun sampai 10 tahun ke depan. Bila ada anak balita, mungkin akan lebih baik apabila menggunakan keramik yang cutting pada sisinya. Agar natnya tidak terlalu lebar, karena biasanya kuman/bakteri atau kotoran menempel pada nat. Bisa juga diakali dengan menggunakan produk nat yang sudah ada anti bakterinya (belum pernah lihat hasil tes medisnya, hanya baru dengar kata-kata marketingnya).

      Semoga informasi dari kami bisa membantu Bapak. Terima kasih.

  36. endang says:

    wowww..ulasan nya bermanfaat sekali..
    saya mau tanya pak.. saya sedang bangun rumah, dan bingung memilih granit atau keramik, karena katanya granit kuat tp tidak tahan noda.. apakah ada referensi granit yg kualitas lumayan bagus, harga tidak terlalu mahal dan sudah anti noda? niro granit apa sdh anti noda?

    • Jumpin Jack says:

      Semua granit tidak ada yang anti noda, baik yang mahal atau murah. Yang ada hanya tahan noda, jadi tetap harus segera dibersihkan bila terkena noda. Niro granit sudah bagus dari segi kualitas dan desain. Garuda dan Sincere juga sudah cukup bagus.

      • endang says:

        pak.. kalau misalkan budget saya sekitar 100rb per meternya.. lebih baiknya saya pilih sincere granit atau keramik yg bermerek (cth: roman atau platinum)? thank u

      • Jumpin Jack says:

        Pertama-tama berapa besar rata2 ruangan di rumah Anda? Coba dibagi dengan ukuran keramik/granit (agar lebih hemat dan tidak banyak potongan kecil).

        Agar ruangan terlihat lebih besar, bisa menggunakan granit dan dipasang dengan nat yang sangat tipis.

        Bila ingin ruangan tidak terlihat terlalu besar, gunakan keramik dengan ukuran 40×40 atau 50×50.

        Masalah harga kami serahkan kembali pada Anda, yang penting motifnya cocok. Ketiga merk yang disebutkan diatas sama-sama bagus kok.

        Semoga masukan dari kami bisa membantu.Terima kasih.

  37. Ya, betul gan…kalau ditoko keramik mereka bedakan dengan istilah kw1, kw2 dan kw3. Kalau kw1 kualitas paling bagus dengan ukuran yang presisi dan warna yang merata dalam satu boxnya, kw2 ada perbedaan ukuran sekitar 3 cm dan warna ada yg pudar serta kw3 ukuran tidak sama serta warna juga ada yang buram dalam satu boxnya

  38. sugyanto says:

    maaf pak,,,mau tanya aja,,bkannya kalau granit yng menggunakan nano tech, kurang bgus ya,,,karena setau sy,,nano tech hanya brsipat sementara,,dan tidak terlalu tahan lama,,,kalau dibandingkan dengan nano pilish,,,,,mohon info nya,thanks.

  39. sugyanto says:

    salam pak jack: mohon info nya: saya mau tanya, apa bedanya niro, dengan sandimas,, karena sandimas dalam satu dus nya isi nya 4, dan harga lbih murah dibandingkn niro, yang satu dus nya isi nya 3,,,thanks,

    • Jumpin Jack says:

      Dulu Niro dan Sandimas bekerjasama dan satu perusahaan untuk cabang Indonesia. Sekarang sudah pisah dan jalan sendiri-sendiri. Niro itu merk Malaysia pada awalnya, nah kalau Sandimas itu merk Indonesia tetapi banyak barang China-nya (kalau tidak salah produksinya pesan dari China). Untuk masalah harga dan isi memang tergantung masing-masing produsen, makanya waktu berbelanja granit di toko bangunan harus jeli menanyakan itu harga per/dus atau per/m2. Kalau isi 3 berarti 1 dus 1,08m2, kalau isi 4 berarti 1,44m2.

  40. Saya mau tanya, untuk granit tile sebaiknya pilih yang lokal atau China ya?
    produk china kan merk dan coraknya sangat beragam, tp saya juga ingin membedakan kualitas produk yang baik sesuai dengan harga yang ditawarkan.
    Waktu tanya ke TB ada yg menawarkan merk China Atena, dan Cavali.
    Waktu saya sebut merk Garuda dia bilang kelasnya kurang bagus.
    Untuk garuda harga memang lebih ekonomis dibandingkan kedua merk China tsb, dan ketiga2-nya sudah ‘.double loading’
    Dan katanya saya harus hati2 karena banyak granit tile yang ‘melenting’
    Itu biasanya terjadi karena kualitas produknya yg kurang baik/dari sisi pemasangannya ya?
    Yang harus jadi pertimbangan dalam memilih selain sisi merk dan harga, apalagi ya?

    Terimakasih

    • Jumpin Jack says:

      Kami jarang menggunakan granit tile dari China, karena takut bila ada kekurangan di lain waktu maka akan susah mencari barang yang sama. Akan tetapi mungkin hal ini sudah berbeda dan sudah di atasi oleh pihak distributor.

      Masalah granit tile melenting untuk merk mahal pun masih ada yang suka melenting, hanya saja tidak terlalu parah/kentara. Dari segi pemasangan bisa diatasi oleh tukang, asal mereka apik dan jeli. Sebelum dipasang dicek terlebih dahulu dan yang melenting parah akan ditaruh dibagian pinggir tembok atau sudut, bisa juga dijadikan potongan. Terima kasih.

      • Jumpin Jack says:

        Mohon maaf, sejauh pengetahuan kami KIA hanya memproduksi keramik saja dan ukuran yang terbesar 45x45cm CMIIW. Kami juga jarang menggunakan produk KIA dilapangan. Mungkin bisa ditanyakan langsung pada sales atau supermaket bahan bangunan di dekat Anda. Terima kasih.

      • Jumpin Jack says:

        Cukup bagus, tapi kalau kami sendiri agak jarang pakai merk ini di proyek. Kami biasa pakai merk Roman, Platinum, Habitat (Milan). Terima kasih.

  41. irfan hariri says:

    kalo granit ezzenza bagus nggak pa?saya mau beli 160 meter, tapi ada yang menawari granit indogres, tapi banyak orang bilang kalau granit paling bagus adalah merek ezzenza apa betul Pak?

    • Jumpin Jack says:

      Granit jaman sekarang sudah hampir setara pak untuk kualitasnya. Semakin banyak merk dan pilihan motif yang ditawarkan selain dari Essenza. Yang penting pada saat pemasangannya benar-benar rapi dan bagus.

  42. sri says:

    Saya sedang bangun rumah….dan rencana memakai keramik granite essenza untuk ruang tamu dan keluarga sementara ruang tidur saya pakai merk fino buatan cina…..,untuk dapur dan ruang lain saya pakai roman…kira2 berapa lama saya harus ganti granite essenza dan fino….sementara untuk roman katanya bisa tahan 15 tahun…

    • Jumpin Jack says:

      Sebenarnya granit dan keramik masa pakainya cukup lama. Apalagi granit yg sifatnya lebih keras daripada keramik. Hanya saja kembali lagi pada perawatannya. Apabila hanya di rumah dimana tidak terlalu sering dilewati orang dan barang maka masa pakainya bisa sampai 10 tahun lebih.

  43. Diana says:

    Maaf saya Mau Tanya, Kalo granit utk lantai, 60×60 misalnya indogress dan niro dipakai utk meja dapur, apakah sesuai ? Terima kasih

    • Jumpin Jack says:

      Tidak masalah ukurannya atau karakteristik granit lantai di pasang pada dinding atau meja. Kami pun pernah memakai keramik 60×60 untuk dinding. Asalkan Ibu suka dan motifnya cocok, tidak ada masalah. Asalkan jangan keramik lantai di area yang sama memakai motif dan ukuran yang sama.

  44. aan says:

    saya mau tanya, untuk sincere porcelain itu apakah sama sejenis granit juga? dan apakah rentan dengan noda tinta atau noda lainnya..

    sebelumnya diucapkan terimakasih.

    • Jumpin Jack says:

      Iya, Sincere merupakan salah satu merk granit. Semua granit rentan terhadap noda. Makanya mereka hanya mencantumkan tahan noda bukan anti noda. Apabila ada sesuatu yang tumpah, sebaiknya segera di lap dan dibersihkan.

    • Jumpin Jack says:

      Secara merk lebih bagus Niro. Untuk kualitas barang mungkin kurang lebih sama, karena teknologi pembuatannya sama.

  45. merry says:

    Saya baru sj membeli granit merk Garuda utk ruang tamu, dan granit decogress yg dove (permukaan agk kasar atau tdk licin) untuk daerah dapur. Kira” bagus aja kah ke 2 merk tsb utk jangka panjang?terima kasih :)

    • Jumpin Jack says:

      Kedua merk tersebut sama bagusnya, agar penampilannya tahan untuk jangka panjang usahakan perawatan yang maksimal. Seperti segera membersihkan noda bila ada yang tumpah.

  46. Ryu says:

    Pak Jack ulasannya benar-benat luar biasa.
    Pak saat ini saya sedang bamgun rumah, dari pihak pengembang menawarkan saya untuk memberikan lantai granit garuda tile 60×60, tapi saya berencana menggunakan roman/granito/indogress. Untuk pemilihan warnanya saya suka yg agak cerah, mohon advice type dan warnanya pak.
    Untuk teras depan sekitar 3×3 dan ada tangga sekitar 1-2 step, mohon saran apakah sebaiknya menggunakan jenis tipe granit yg sama dengan yg ada di dalam atau tidak? Kalau harus di bedakan mohon saran jenis dan tipenya.
    Untuk dapur luasannya 6×3 semi outdoor(tanpa pintu) apakah ini juga harus di bedakan jenis, warna,tipe dan ukuran granitnya pak?Mohon saran?
    Untuk kamar mandi 2 buah ukuran 1,5×2 shower mohon saran menggunakan keramik atau granit? Ukuran, tipe dan warna apa ya? Pake roman atau granito atau indogress? Satu lagi kamar mandi 2×2,5 yg ini juga mohon saran yg sama?
    Mohon sarannya menyertakan jenis type warna dan ukuran dari masing2 merk roman, indogress dan granito. Agar terlihat matching. Oia rumah saya type 109 model clasic berpilar. Oia agar matching mohin saran kesesuaian warna dindingnya. Sementara pilihan dinding warna putih agar lebih netral. Mohon saran pak Jack.
    Satu lagi pak kalau ada mau minta CP sales roman, indogress, granito dan garuda tile.
    Terima kasih.
    Semoga panjang umur dan sehat selalu buat pak Jack.

    • Jumpin Jack says:

      Terima kasih Pak Ryu. Untuk CP sales, silakan Bapak menghubungi nomor telepon masing-masing perusahaan. Nanti akan diberikan kontak yang sesuai untuk kebutuhan Bapak. Nomor telepon untuk masing-masing perusahaan tersebut bisa dicari melalui google. Mohon maaf Pak, apabila Bapak membutuhkan konsultasi yang menyeluruh dan detail seperti ini, silakan gunakan jasa kami karena untuk hal seperti ini akan riskan jika hanya melalui konsultasi di blog.

  47. Iman says:

    Salam kenal om jack…trimakasih bnyk blognya..really helpful 😊

    Saya mau tanya bos..bgmn kualitas granit tile merk monalisa? pernah dengar atau pakai?

    Kemudian saya rencana pakai keramik KIA utk kamar mandi..apakah kualitasnya ok,setara, atau dibawah dibanding dgn roman?

    Trimakasih sebelumnya….nuwun

    • Jumpin Jack says:

      Untuk granit merk Monalisa, bagus juga motif dan kualitasnya. Kami sendiri belum pernah pakai, tapi kami biasanya pakai mosaic merk Venus yang satu perusahaan dengan granit Monalisa. Keramik KIA sudah cukup bagus untuk kamar mandi tetapi kualitasnya masih dibawah Roman.

  48. Saya mau tanya saya saat ini sedang memasang granit merk fino untuk ruang tamu, kamar tidur an ruang keluarga..tapi setelah di pasang granit fino sangat licin..agak menyesal krn memilih fino..menurut bapak bagaimana kualitas dari granit fino..

    • Jumpin Jack says:

      Mohon maaf, kami belum pernah memakai merk Fino. Jadi kami tidak bisa memberikan masukan. Atau mungkin masih ada lapisan lilinnya karena baru dipasang, coba di pel menggunakan sabun yang anti lemak. Akan tetapi jangan terlalu banyak sabunnya, hanya sedikit saja. Sepengetahuan kami, untuk granit baru memang ada sedikit lapisan lilinnya dari pabrik (khususnya untuk tipe granit yang glossy/kilap). Makanya bentuk air diatas granit baru seperti air di atas daun talas. Setelah sekian lama maka lapisan lilinnya akan menghilang dan jadi tidak terlalu licin.

    • Jumpin Jack says:

      Mohon maaf, karena begitu banyak merk Granit kami tidak mengetahui semuanya. Ada kemungkinan setara dengan Garuda.

  49. Tomi says:

    Hallo pak jack, sekali lagi salut buat ulasan tentang granit dan keramiknya. Karena sya memang sdang mncari informasi tentang granit utk rumah yg sdng saya bangun hehehehe…
    Dengan pengalaman serta pengetahuan pak jack yg luas tentang granit, mhon urutkan dari teratas smp trbawah (1,2,3,4,….) masing2 poin brdasarkan
    Pertama Kualitas
    Kedua Ragam motifnya
    Ketiga Harga
    Dari merek2 granit Essenza, Indogress, Eleganza, garuda, granito, nino granite. Trus satu lagi pak jack bedanya granit yg jenis cutting sma uncutting, prbedaan yg mencolok itu dari apanya yah?? Misalkan saya pernah lihat granit Essenza itu di sisi2nya tidak siku lancip 90° jadi ada semacam lekukan. Apakah itu termasuk jenis uncutting pak jack lalu lebih baik jenis granit cutting or uncutting menurut pndapat pak jack. Mohon bantuan serta pencerahanya.

    Terimakasih dan jaya selalu.

    • Jumpin Jack says:

      Mohon maaf pak, kami tidak pernah melakukan tes lab mengenai kualitas granit jadi kami tidak bisa memberikan urutannya, mengenai harga juga tergantung dimana Bapak membeli jadi agak susah untuk mengurutkannya. Yang bisa kami jawab adalah granit tile semuanya cutting, mengenai lekukan diujungnya itu agar nat keramik bisa masuk dan agar granit tidak mudah gumpil pada saat pemasangan karena saling beradu dengan granit lainnya.

  50. Dewi au says:

    Saya suka menyimak blog mas jack ini,jg comment njenengan di kaskus. Saya sdg bangun rumah. Saya sbenarnya suka platinum,akirnya pilih platinum grey 50 untk kamarkamar.tapi suwami saya tetep beli granit. Stelah dicek granit merek laurenza buatan cina diimpor oleh kia. Kok kayaknya tdk ada yg review granit ini ya, aduh buruk kah kualitasnya.terlanjur beli nih

    • Jumpin Jack says:

      Mohon maaf, untuk merk granit yang Ibu sebutkan, kami belum pernah memakai dan menemuinya dipasaran sehingga tidak bisa memberikan penilaian. Bila sudah terlanjur dibeli usahakan Ibu mempunyai spare yang cukup, mungkin sekitar 5 dus, agar bila ada yang rusak dikemudian hari, bisa hanya mengganti sebagian saja. Sejauh pengetahuan kami, kualitas granit hampir sama hanya saja perawatannya yang perlu diperhatikan nanti agar lebih tahan lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s