Kamar mandi mungil? Bukan masalah

Harga tanah yang semakin mahal menuntut kreatifitas konsumen dalam membangun rumah tinggal. Seringkali dalam proses perancangan rumah tinggal, kamar mandi menjadi area yang “dikorbankan” agar ruangan lainnya bisa lebih maksimal. Namun hal ini bisa disiasati.

Sebagai contoh, gambar berikut ini adalah sebuah kamar mandi yang berukuran 2 x 2,5m dan si pemilik rumah menginginkan berbagai jenis sanitari di dalamnya (bathtub, kloset dan wastafel). Berikut adalah sketsa ruangan tampak atas.


Bagaimana caranya agar ruangan tersebut tidak terlihat sempit dengan ukuran bathtub yang cukup besar dalam kamar mandi tersebut?

Cara pertama, pakailah keramik/granit berwarna cerah, karena warna cerah akan membuat ruangan terasa lebih luas, hal ini merupakan efek psikologis dasar.

Cara psikologis yang kedua adalah gunakan keramik / granit berukuran besar agar ruangan tidak terasa sempit (kebalikannya untuk ruangan yang besar, gunakan keramik / granit dengan ukuran yang kecil). Penggunaan keramik / granit berukuran besar dimaksudkan untuk mengurangi garis nat, sehingga kamar mandi yang mungil tidak terlihat bergaris-garis.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah aksen atau area fokus pada kamar mandi, istilah kerennya center of attention.

Usahakan untuk menempatkan aksen pada bagian yang terlihat pertama kali ketika membuka pintu kamar mandi atau pada bagian yang sering terlihat ketika kita sedang melakukan aktifitas di dalam kamar mandi tersebut, seperti misalnya wastafel atau bathtub. Jangan memberi terlalu banyak aksen pada kamar mandi mungil Anda karena akan membuat ruangan terasa overload.

Kembali untuk denah kamar mandi di atas, salah satu solusi yang kami terapkan adalah dengan menggunakan warna keramik yang lebih gelap untuk mempertegas fungsi ruangan. Pilihlah warna yang senada dengan sanitari yang akan digunakan agar hasilnya terlihat serasi.


Aksen dapat diaplikasikan di area bathtub. Untuk kamar mandi ini, kami membuat aksen dengan menempatkan mosaik di tengah-tengah keramik. Pada kamar mandi ini terlihat penggunaan keramik ukuran besar. Gunakan keramik yang rectified atau empat sisinya dipotong dari pabrik, sehingga tidak ada window frame atau bevel. Keramik rectified akan sangat membantu mengurangi jarak nat, sehingga jarak antar keramik dapat dibuat setipis mungkin dan ruangan akan terlihat bersih dan luas.

Aksen juga dapat kembali diterapkan di bagian wastafel, dengan mosaik yang sama namun dengan cara pemasangan yang berbeda. Untuk kasus ini, kami meletakkan aksen dengan metode vertikal dan ramping agar ruangan terlihat tinggi, karena ruangan tersebut tidak terlalu lebar.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mensiasati ketinggian ruangan, untuk kamar mandi berukuran kecil ada baiknya jika plafon dibuat agak tinggi sehingga terlihat lebih luas dan tidak pengap.

Bagaimana bila plafon kamar mandinya tidak bisa dibuat lebih tinggi? Maka keramik/granitnya yang ditinggikan, caranya?

Gunakan keramik/granit dengan ukuran persegi panjang dan pasang dengan posisi vertikal agar dinding Anda terlihat tinggi. Jangan dipasang mendatar atau horisontal karena itu akan membuat kamar mandi Anda terlihat semakin kecil dan sempit.

Tentunya pencahayaan pun akan berpengaruh pada efek ruangan tersebut, bila lampunya redup maka ruangan pun akan terkesan suram dan sempit. Jadi usahakan agar kamar mandi mungil diberi ventilasi yang cukup atau pencahayaan yang terang.

Poin tambahan, pada saat merencanakan sanitari yang akan digunakan, bacalah spesifikasi produk yang akan dipakai dan ukurannya. Sesuaikan dengan bentuk kamar mandi agar Anda nyaman beraktivitas didalamnya.

Nah, sekarang kamar mandi mungil Anda pun bisa menjadi istimewa.

About these ads

85 thoughts on “Kamar mandi mungil? Bukan masalah

  1. Pink says:

    Hai, kamar mandi saya ukurannya kecil sekali, cuma 1,8×1,2m saya tertarik memakai shower atau walk in bath tub, apakah bath tub yang anda tunjukkan ini model yang seperti itu? brp ya ukurannya? merk apa? harganya berapaan? maaf ya banyak bertanya, makasih banyak sebelumnya

  2. Jumpin Jack says:

    Dengan ukuran kamar mandi ibu, sepertinya agak sulit bila ingin memakai bathtub. Terlebih bila ingin bathtub seperti pada gambar denah contoh kami, bathtub tersebut disebut bathtub sudut dan ukurannya antara 1,25m sampai 1,5m. Merek bathtub sendiri ada banyak, ada Fiesto, VR, Meridian, dll.

    Apakah maksud Ibu adalah ingin menggunakan walk in shower atau shower box? Bila iya, itu masih memungkinkan untuk kamar mandi Ibu, shower box/screen ukurannya 90x90cm. Ada yang berbentuk sudut atau seperempat lingkaran dan ada juga yang berbentuk kotak. Bila Ibu ingin yang ukurannya disesuaikan dengan lapangan ada pula yang menjual partisi untuk shower dan pintu gesernya, agar lebih tidak memakan tempat untuk kamar mandi Ibu. Bentuknya adalah kaca biasa diberi kusen almunium, untuk yang lebih bagus dengan menggunakan kaca tempered da tanpa kusen atau frame less (tetapi harganya lebih mahal).

    Untuk harga mungkin lebih baik Ibu bertanya langsung dengan toko-toko Sanitary disekitar lokasi Ibu. Semoga jawaban kami membantu. Silakan hubungi kami kembali bila ada yang masih belum jelas. Terima kasih

  3. Ary says:

    hai…untuk kamar mandi ukuran 2 m x 1,8 m saya ingin ada bathtube, kloset, shower, dan wastafel. sebaiknya sketsa ruangan kamar mandinya seperti apa ya???
    thank's

  4. Jumpin Jack says:

    Anda bisa terlebih dahulu mengirimkan denah sederhana bentuk ruangan kamar mandi Anda. Yang penting adalah posisi pintu kamar mandi tersebut ada dimana? Dan apakah pintu tersebut pintu geser atau pintu engsel biasa serta arah membuka pintunya? Setelah kami terima, akan kami bantu dengan membuatkan gambar denah serta analisa atau masukan untuk Anda. Terima kasih

  5. aagin says:

    untuk ukuran kamar 3×3 , bgmn denah kamar yang baik apabila akan ditambahkan kamar mandi dan ukuran kamar mandinya berapa ?

  6. Jumpin Jack says:

    Yth. Bapak/Ibu,

    Untuk menjawab pertanyaan ini, akan lebih baik jika Bapak/Ibu bisa memberikan gambaran denah kamar tersebut. Lengkap dengan posisi pintu dan jendela. Karena posisi pintu dan jendela sangat penting, selain untuk menata ruang kamar tidur itu nantinya, juga sebagai gambaran bagi kami mengenai aktifitas apa saja yang kira-kira akan dilakukan di dalam kamar tersebut.

    Kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan kami, sehingga kami memerlukan data-data tersebut. Bila bapak atau ibu tidak dapat mengirimkan gambar atau foto, bisa juga dideskripsikan dengan kata-kata supaya kami bisa mencoba menggambar denahnya lengkap dengan furnitur dll.

    Terima kasih atas komentarnya, kami tunggu kabar selanjutnya.

    Salam,
    Ruddy Iskandar

  7. sahabat says:

    saya punya kamar mandi 2 x 3, dan saya ingin menggunakan bathtub, shower walk in, closet, and wastafel.
    bagaimana ya sebaiknya??

  8. Jumpin Jack says:

    Saya coba buatkan denahnya ya Pak, tapi ini hanya atas asumsi saya saja. Bila ukuran bersih kamar mandi bapak benar berukuran 2×3 dan posisi pintu seperti pada gambar saya. Maka hasilnya seperti ini..

    Apakah sudah sesuai dengan kamar mandi Anda yang sebenarnya? Semoga membantu…

  9. yul says:

    saya mau nanya,
    kamar mandi ukuran 2×2 apakah bisa menggunakan bath tub+shower???
    bath tub yang mana bagusnya ya???
    tolong bantuannya

  10. Jumpin Jack says:

    Bisa bu, asalkan Bathtub dan shower-nya jadi satu seperti pada gambar berikut.


    Gambar diatas juga hanya asumsi saja bila ukuran bersih kamar mandi Ibu benar2 2×2, karena posisi pintu dan ukuran aslinya saya tidak tahu.

    Untuk bath tub, kalo menurut saya disesuaikan modelnya dengan konsep kamar mandi Ibu, apakah mau minimlais, klasik atau lainnya.
    Masalah yang bagus relatif juga yah Bu, tergantung budget Ibu saja. Yang saya tahu ada yang terbuat dari acrylic dan onyx dan tembaga.
    Yang acrylic lebih tipis dibandingkan dengan yang onyx, kalo tembaga harganya agak mahal dan bersifat klasik.
    Yang pernah kami pakai di proyek adalah merek VR, Meridian, TOTO dan American Standards, serta Halmar. Semuanya sama bagus kok.

  11. Dody "doydan" Yordan says:

    Pak,
    mengapa memilih warna coklat, baik itu keramik maupun sanitarynya? Bukankan warna tersebut mengesankan kesuraman.
    Apakah ada arti positif ataupun kelebihan dengan memilih tema coklat di kamar mandi kita?
    Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Halo Pak Dody,
      Warna coklat dipilih karena klien kami menginginkan kamar mandi yang bernuansa alami pada waktu itu, jadi kami sepakat untuk menggunakan nuansa coklat. Sebenarnya kesan suram itu didapat kalau ruangannya tidak mendapatkan cahaya yang cukup. Jadi ruangan akan terlihat gelap dan tidak menyenangkan. Untuk menyiasatinya, gunakan warna gelap hanya sebagai aksen, seperti pada kamar mandi yang ada di foto kami, keramiknya dominan warna krem, di daerah tertentu yang ingin kami jadikan aksen, baru kami padankan dengan keramik coklat tua dan mosaik.

      Mengenai sifat positif dari warna coklat, mungkin karena warnanya terlihat natural dan tidak menyolok. Tapi kemarin itu kami hanya menyesuaikan dengan selera dan keinginan klien. Jadi sebenarnya semua warna keramik bisa diolah menyesuaikan dengan keinginan klien saja Pak :)
      Terima kasih atas pertanyaannya.

      • Dody "doydan" Yordan says:

        Terima kasih info balasannya.
        Saya dapat pengetahuan dari Jumpinjack neh. Jadi warna2 suram sebaiknya sebagai aksen saja ya. Tetap dominan dipilih warna cerah ya. Oke2.
        Kalau boleh nebak , klien bapak yang itu pasti umur +/- 50 tahun, karena suka warna krem dan coklat. :)

      • Jumpin Jack says:

        Halo Pak Dody, betul sekali klien kami usianya berkisar 45-50 tahun. Dia suka kamar mandi yang terkesan natural jadi kemarin memilih warna coklat untuk kamar mandi utamanya :)

  12. Bisa saja Pak/Bu, setahu saya ada bathtub dengan ukuran panjang 1,5×0,75 M ato 0,8 M.

    Tapi kembali lagi, yang perlu diperhatikan adalah sanitary apa saja yang akan ditempatkan di kamar mandi tersebut serta posisi penempatannya.

    Posisi pintu kamar mandi dan jenisnya juga penting, apakah pintu geser/dorong atau pintu biasa. Karena pintu geser tidak terlalu banyak memakan tempat. Dan kalau pintu biasa, bukaannya ke arah mana dan seberapa besar pintu tersebut. Biasanya ukuran pintu kamar mandi antara 70-80 cm.

    Semoga membantu, jika masih ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan kembali. Terima kasih.

  13. dewi says:

    Hai, saya kebetulan ingin merenovasi kamar mandi mungil saya yang berukuran kecil yaitu 1,23 m x 2,84 m. saya menginginkan tempat shower, toilet serta wastafel (kalau bisa dibawah wastafel ada tempat u stock peralatan mandi (sabun, odol, shampo juga handuk)) di dalamnya. saya ingin kamar mandi kecil saya terlihat luas. pintu kamar mandi saya terletak di ukuran lebarnya (1,23 m) dan menggunakan pintu engsel yang membuka ke kanan. bisakah bapak mendesain kamar mandi saya tersebut sekalian dengan model keramiknya. saya ingin warna keramik saya adalah hijau. apakah bagus warna tersebut untuk kamar mandi saya yang terbilang kecil ini. terima kasih atas bantuannya.
    untuk bantuan. kamar mandi saya tersebut sebelumnya adalah terdapat bak mandi yang memanjang sepanjang ukuran lebar kamar mandi dan toilet yang berada di sebelah kanan. saya ingin toilet saya tersebut berada di sebelah kiri.

    • Jumpin Jack says:

      Warna keramik hijau untuk kamar mandi yang mungil sebenarnya tidak masalah, akan tetapi perlu diperhatikan seberapa gelap warna hijaunya. Usahakan bila menggunakan kombinasi warna hijau tua dan muda, jumlahnya lebih banyak bidang hijau muda dibandingkan hijau tua. Nanti kami coba berikan gambar sebagai masukan untuk kamar mandi Ibu.

  14. Lidya Lay says:

    Hai,saya baru akan membuat kamar mandi mungil saya yang berukuran kecil 1,5m x 2m. saya ingin bertanya apakah saya bisa menggunakan bathtub?

    • Jumpin Jack says:

      Bisa saja, tetapi dengan catatan menggunakan pintu kamar mandi geser. Setahu kami ada bathtub dengan panjang 1,5m x 0,8m. Bila menggunakan pintu biasa maka harus diukur dengan baik agar peletakan sanitary-nya bisa muat di dalam kamar mandi tanpa mengganggu jalur pintu.

    • Jumpin Jack says:

      Untuk denah, bisa dibuatkan jika memang Ibu belum ada gambaran. Atau kalau ada denah dari kamar mandi sebelumnya dan Ibu ingin merenovasi atau merombak susunan kamar mandi Ibu, kami bisa bantu memberikan rekomendasi dan saran. Terima kasih.

  15. arya says:

    Pak…

    Saya ingin mendesaign kamar mandi ukuran bersih 2 x 2 meter. Didalamnya ada Bathub, Closet duduk, Wastafel & Shower (Showernya harus tersendiri. Maksudnya, bukan didalam Bathub).

    Kira2, designnya spt apa ya?

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,

    • Jumpin Jack says:

      Bapak, ingin membuat kamar mandi baru atau merenovasi kamar mandi yang sudah ada? Kalo sudah ada, bisa beritahu kami posisi pintu ada dibagian kanan, kiri atau tengah? Pintunya membuka kedalam, dengan engsel atau pintu geser? Ini sebagai informasi bagi kami sebelum memberikan denah/gambaran.

      • arya says:

        Pak, saya ingin membuat kamar mandi baru. Pintunya, rencananya saya pasang ditengah, membuka kedalam & dengan engsel. Mohon bantuannya ya pak, untuk desain denahnya.

        Terima kasih atas bantuannya.

        Salam,

      • ikhsan says:

        Selamat siang pak,
        Mohon advise bapak untuk rencana kamar mandi saya dengan ukuran yg sangat mungil 1,5m2 alias 1,5 m x 1,5 m saja dgn sanitary closet duduk & bak mandi (tdk suka pakai shower mandi). Posisi pintu kalo dari luar sblh kiri dgn buka ke dlm. Yang ingin sy tanyakan untuk posisi closet baiknya hadap pintu dgn bak sblh kiri atau samping pintu dgn bak sblh kanan closet. Terima kasih

      • Jumpin Jack says:

        1,5m itu ukuran bersih bagian dalamnya atau ukuran kamar mandi dari luar? Apabila ukuran bersih bagian dalam,maka saran dari kami posisi yang lebih baik adalah kloset menghadap pintu dengan bak mandi di sebelah kanannya. Kenapa? Agar ketika mandi, pintu tidak tersiram terlalu banyak dan pakaian atau handuk yang biasanya digantung dibelakang pintu pun tidak terlalu banyak terkena cipratan air. Semoga saran dari kami bisa berguna untuk Bapak. Terima kasih.

  16. rin says:

    Hi pak Jumpin Jack
    saya sedang membuat kamar mandi ukuran p=2,1m dan L=3 m. saya ingin di dalamnya ada bathtub, shower,washtafel(desainnya deperti meja&terdapat laci2) dan kloset jongkok(karena saya tidak suka kloset duduk) dengan desain minimalis. namun saya masih bingung untuk tata letak yang bagus dan benar untuk masing2 keramik tersebut.
    Untuk info;lubang angin hanya ada di bagian selatan, pintu engsel sebelah utara pojok kiri,sebelah timur berbatasan dengan ruangan walkin closet,sebelah barat langsung keluar rumah(akan tetapi kedepan direncanakan untuk menambah kamar)
    Mohon advice dari bapak untuk tata letaknya.

    Terimakasih atas bantuanya
    Salam

  17. Kurniawan says:

    Selamat Sore Pak,

    Saya ingin mendesaign/membuat kamar mandi baru dengan ukuran bersih 2 x 1,5 meter. Didalamnya ada Bathub, Closet duduk, Wastafel & Shower. Bisa gak ya ? Kalo bisa kira2 designnya seperti apa ya ?
    Terima Kasih

    • Jumpin Jack says:

      Bisa saja tetapi kamar mandi tersebut akan menjadi sempit dan agak susah beraktifitas di dalamnya. Sepertinya ada bathtub dengan ukuran panjang 1,5m dan wastafel yang digunakan harus yang kecil sekali, sekitar 40-45cm kesampingnya karena untuk kloset diperlukan area sekitar 70cm kesamping agar nyaman saat digunakan. Gambarnya saya kirimkan lewat e-mail. Terima kasih

  18. Nhie says:

    Selamat sore pak,
    Bisa minta advisenya untuk kamar mandi ukuran P: 1,6 dan L: 1,7 didalamnya saya ingin menempatkan bathtub, wastafel dan kloset duduk, apabila saya mengunakan bathtub dengan ukuran 1,5×0,8 masi bisakah?
    Klo bisa denahnya seperti apa ya?untuk pintunya sendiri ada di bidang 1,7m, di sebelah kanan dengan bukaan keluar. Tolong bantuannya ya pak.
    Makasih banyak sebelumnya.
    Salam,
    Leny

      • sandy says:

        Salam Kenal,nama saya sandy

        saya lagi….bisakah pengen merenovasi desain rumah plus interiornya, bisakah saya dibantu mendisain dan berapa biayanya ya pak……..terima kasih

      • Jumpin Jack says:

        Salam kenal juga pak Sandy, bisa saja kok kita kerjakan renovasi sekaligus interiornya. Untuk jasa desain dan konsultasi saja biasanya sebesar 25ribu-35ribu/meter. Terima kasih.

  19. Salam, selamat pagi pak…
    Saya ingin bertanya, bagaimana desain kamar mandi yang efektif untuk ukuran 2,5 m x 3 m yang di dalamnya terdapat bathtub, shower, wastafel dan klosed duduk. Pintu sebaiknya terletak di sebelah sisi mana ya? Pake pintu geser atau engsel??
    Terima kasih. pak….
    Salam,
    Netty

  20. salam kenal pak saya mau buat kamar mandi dg ukuran 1,5m x 2m renc mau pake bathtub, closed duduk ama shower apa bisa pak, minta tolong bantu gambar denahnya. makasih

  21. Aldi_blackskin says:

    Salam kenal Gan,,,
    Mohon bantuannya dari Agan nih!!!
    Begini,saya berencana buat kamar mandi dengan ukuran 2 x 1,5 meter.Di dalamnya ingin saya kasih bathtub, closet (duduk), & shower (tapi showernya kalo bisa jadi satu/di atasnya bathub) dengan posisi pintu buka kedalam (pakai engsel) di sebelah kanan.Kira2 bisa apa gak Gan?! Terus kalo misal bisa,kira2 ukuran bathtubnya berapa? Mohon bantuannya ya Gan,,,syuku2 kalo dikasih referensi gambarnya juga.
    Trimakasih sebelumnya Gan.

  22. nenni says:

    Hi, kamar mandii sy mungil uk 1,4 x 1,9 bersih bag dalam, agak sedikit maksa kah kalau ingin punya bath tub ukuran terkecil dgn toilet ?, pintu trdapat di bidang 1,5 (tanahnya miring) dan bila mmg tdk cukup utk pake pintu engsel akan sy bikin geser sj, mohon bantuan denah nya bila mmungkinkan dgn bathtub, makasiiih

    • Jumpin Jack says:

      Pada dasarnya masih bisa menggunakan bathtub, hanya saja ukurannya harus yang agak kecil. Dan pada saat pengerjaan akan lebih sulit serta lebih cermat dalam perhitungannya. Sebagai bantuan sudah kami kirimkan contoh denah ke e-mail Ibu. Silakan dipelajari. Terima kasih.

  23. veronika says:

    selamat malam pak, salam kenal…
    saya ingin bertanya, bagaimana design yang cocok untuk kamar mandi dengan ukuran 1.4×1.8m, yang di dalamnya menggunakan shower box, closet duduk dan wastafel. terima kasih

    • Jumpin Jack says:

      Bisa saja, hanya terasa agak sempit nantinya. Posisi pintu ada di bagian 1,4 atau 1,8? Sebelah kiri atau kanan? Nanti kami coba bantu berikan gambarnya lewat email. Terima kasih.

  24. donny says:

    Saya mohn bantuannya, saya mempunyai kamar mandi ukuran 2.5 x 1.5 M, isteri saya sangat ingin mempunyai kamar mandi dengan bathtub, closet dan wastafel, kira-kira desin yang cocok bagaimana ya ? Terima kasih atas bantuannya.

  25. Tanty syam says:

    Selamat siang! saya berencana buat kamar mandi dan ukuran 2,5 x 2,5 m ( ukuran kotor). Didalamx ada bathtub, shower box, closet dan wastafel. Mohon bantuan, bagaimana kira2 denahx dan ukuran2 sanitarix. Letak pintu blm sy tentukan, apakah hrs pintu biasa ato geser?. Terima kasih .

    • Jumpin Jack says:

      Dear Ibu Tanty, gambar denah sudah kami kirimkan lewat email. Silakan dicek, untuk pintu sepertinya masih bisa menggunakan pintu biasa. Semoga denah yang kami kirimkan bisa jadi inspirasi untuk kamar mandi yang Ibu inginkan. Terima kasih.

  26. wee says:

    mohon bantuannya, saya berencana membuat kamar mandi ukuran 3 x 1 m, dengan bathtub, closet, wastafel dan shower box. Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Mohon maaf, apabila benar ukuran kamar mandinya 3x1m maka kami tidak menyarankan memakai terlalu banyak sanitary di dalamnya. Mohon pertimbangkan lagi apa sanitary yang mau diletakan didalamnya karena lebar yang hanya 1m sangat tidak memadai. Akan cukup sulit untuk orang beraktifitas di dalamnya. Terima kasih.

  27. liz says:

    Mau tanya pak, ukuran km 1,5×1,75 mngkin gak pake bathub+closet ddk ya? Pintu engsel bukaan k kanan d bidng 1,5. Tlng sya d email cnth denahnya.trims.

    • Jumpin Jack says:

      Kami tidak menyarankan untuk memakai bathtub dalam kamar mandi Ibu. Walaupun ada bathtub ukuran panjang 1,5m tetapi akan terlihat sempit dan susah waktu pengerjaannya. Lebih baik menggunakan shower box saja, kamar mandi terlihat lebih lapang dan lebih nyaman untuk beraktifitas didalamnya. Terima kasih.

  28. deta says:

    Halo..slmt sore., saya sdg proses membangun rumah, dan punya ukuran kamar mandi 1.5 x 2 m. Pintu dibuka ke dlm ada di pojok kanan di bagian panjangnya, jendela ada di sebrang pintu. Apakah memungkinkan diisi dgn toilet duduk,wastafel dan shower box? Bisakah sy dibantu dgn denahnya? Thks.

  29. Pak.. mohon saran. saya punya kamar mandi di dalam kamar dengan ukuran 1,5 m x 1 m, apakah memadai jika didalamnya da shower box dan toilet duduk. terimakasih

    • Jumpin Jack says:

      Apabila pintu kamar mandinya membuka keluar atau pintu geser maka bisa saja muat. Akan tetapi dengan catatan shower box-nya bukan dengan kaca atau yang sudah jadi, area shower boxnya hanya bisa ditutup dengan tirai saja.

      Karena dengan ukuran kamar mandi Ibu akan sedikit sulit dalam meletakan sanitary agar nyaman beraktifitas di dalamnya. Terima kasih.

    • Jumpin Jack says:

      Dear pak Fawzi, memang keramik itu khusus kami buat untuk klien kami jadi tidak bisa langsung beli di toko.

      Keramiknya sendiri memakai keramik Roman 50×50 rectified, lalu mosaiknya memakai merk Venus. Kemudian bagian tengah keramiknya dipotong dari bagian belakang dan dibuat bolong sesuai dengan ukuran mosaik, lalu bekas potongannya dihaluskan sedikit agar rapi.

      Untuk pekerjaan ini, Bapak harus mencari tukang keramik yang ahli agar hasil potongannya bagus, serta mata pisau keramik yang bagus juga. Terima kasih.

      • Kevin says:

        Selamat siang pak…saya punya kamar mandi ukuran 1,4 x 2,0 bersih, rencana saya mau menempatkan bathtub, closet duduk dan wastafel, apakah memungkinkan? kemudian rencananya akan memakai keramik hijau dan putih, mohon sarannya pak agar tekesan cantik. Terima kasih….

      • Jumpin Jack says:

        Siang juga pak Kevin, untuk kamar mandi Bapak sepertinya tidak cukup lebar untuk menggunakan bathtub. Akan lebih nayaman di dalamnya apabila hanya menggunakan shower box ukuran 80×80. Dengan ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas, kami sarankan agar lebih dominan menggunakan warna putih dan warna hijaunya bisa sebagai aksen saja.

        Caranya, keramik hijaunya bisa ditempatkan pada salah satu dinding saja secara penuh dan dinding sisanya menggunakan keramik putih. Atau, keramik hijaunya bisa ditempatkan pada bagian tengah semua dinding saja dan dibuat zig zag/selang seling dengan keramik putih, sisa dinding lainnya menggunakan keramik putih. Untuk aksennya bisa menggunakan stiker yang dijual di supermaket bahan bangunan, pilih motif/gambar yang cocok lalu taruh di keramik putih atau hijau yang selang seling tersebut sesuai dengan selera Bapak saja.

        Semoga bisa membantu, terima kasih.

  30. mia says:

    Salam kenal…sy rencana mau buat kamar mandi baru dalam kamar tidur ukuran 3x3m dengan ukuran kamar mandi 2mx1m…perlu shower,closet, wastafel…bisa dbantu pak, siapa tau ad contoh designnya,,,untuk pintuna model geser atau gmn pak? U warna kamar mandi mungil sebaiknya warna apa y? thx atas bantuannya..salam.

    • Jumpin Jack says:

      Dear Ibu Mia, kami sudah kirimkan contoh denah untuk kamar mandi Ibu lewat e-mail. Saran dari kami agar Ibu menggunakan keramik atau granit dengan ukuran agak besar (contoh: 33×50 atau 30×60) dan usahakan gunakan keramik yang “cutting” agar nat-nya tidak terlalu besar.

      Sehingga terlihat keramik/granitnya lebih menyatu, gunakan juga keramik dengan warna terang atau muda agar kamar mandi terlihat lebih luas. Untuk aksen, bisa menggunakan warna gelap untuk salah satu dindingnya saja, seperti pada gambar.

      Dan pintu kamar mandinya usahakan untuk menggunakan pintu geser pada dinding luar kamar mandi agar lebih leluasa dalam menggunakan kamar mandi nantinya. Semoga saran dari kami bisa membantu. Terima kasih.

  31. mohon sarannya pak, saya berencana buat kamar mandi uk. 1,5 x 2 m (kotor), bisa tidak diisi dengan toilet duduk + bathtub sudut uk 130 x 130 cm dengan penempatan pintu di bidang 1,5, kalau bisa tolong buatkan denahnya, terimakasih

  32. Noeriel says:

    Salam kenal pak Jumpin Jack,
    Saya hendak membuat kamar mandi berbentuk letter L, untuk lebih jelasnya saya krim melalui email bapak…terima kasih…

  33. eti says:

    Salam kenal Gan,,,
    Mohon bantuannya dari Agan nih!!!
    Begini,saya berencana buat kamar mandi dengan ukuran 2 x 1,5 meter.Di dalamnya ingin saya kasih bathtub, closet (duduk), & shower (tapi showernya kalo bisa jadi satu/di atasnya bathub) dengan posisi pintu buka kedalam (pakai engsel) di sebelah kanan.Kira2 bisa apa gak Gan?! Terus kalo misal bisa,kira2 ukuran bathtubnya berapa? Mohon bantuannya ya Gan,,,syuku2 kalo dikasih referensi gambarnya juga.
    Trimakasih sebelumnya Gan.

  34. Vo says:

    Dear pak jumpin jack,
    Rumah saya sedang dlm pembangunan, utk ukuran kamar mandi 1,75 x 1,5 sebelum dibangun (mungkin akan terpotong sedikit bt dindingnya)..,apakah bisa kl dipasang bathtub dan closet..? Bisa tolong dibuatkan denahnya pak..?terima kasih

    • Jumpin Jack says:

      Yth. Bapak/Ibu, kalau boleh tahu sebelumnya, posisi pintu ada di tembok yang 1.75m atau 1.5m? Pintunya ada di sebelah kiri atau sebelah kanan?
      Untuk bathtub mungkin masih bisa, tapi maksimal ukuran panjangnya yang 1.7m. Terima kasih.

  35. Ahmad Cecep says:

    Dear Jumpin Jack,
    Rencana kamar mandi kami berukuran 1,5 x 1,8 meter. Pintu kamar mandi sebelah kiri. Nanti akan memakai closet duduk. Rencana nya ada sekat kecil antara tempat mandi dan closet. Apakah ada saran supaya nyaman dan terkesan mewah kalau memakai shower box? Atau bisa pakai glass block untuk sekatnya?

    Terima Kasih banyak atas bantuannya.

    • Jumpin Jack says:

      Bila memakai glassblock akan lebih memakan ruangan karena ketebalannya. Lebih bagus menggunakan shower box atau buat sekat sendiri dengan kaca 10 atau 12mm. Cukup sebagai sekat tanpa perlu ada pintu kacanya. Terima kasih.

  36. Lala says:

    kamar mandi kami 1,3 x 2,8m, pintu di 2,8 sebelah kanan. Rencanya kami mau ada bathup, closet duduk, wastafel dan shower terpisah dari bathup. Mohon di buatkan denahnya pak. Terimakasih atas bantuannya.

    • Jumpin Jack says:

      Untuk ukuran kamar mandi Ibu sepertinya tidak memungkinkan untuk diberikan shower terpisah dan bathtub. Mungkin bisa dipikirkan kembali supaya shower dan bathtub digabung. Terima kasih.

  37. agastya says:

    Dear Jumpin Jack,

    Saya ingin buat kamar mandi dgn ukuran 1,8 x 1,8 . Apakah bisa diisi kloset duduk,shower,dan bathup?, bagaimana saya harus mendesainnya?. Mohon bantuannya, trims….

    • Jumpin Jack says:

      Halo Bapak/Ibu Agastya, terima kasih karena sudah berkunjung ke blog kami. Untuk ukuran kamar mandi ini, bathtub dan shower harus digabung jadi satu dan posisi kloset ada di samping bathtub. Kemudian pilih ukuran panjang bathtub antara 1.5 – 1.7 m.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s